TERM OF REFERENCE
KULIAH SEJARAH SOSIAL
UMMAT ISLAM (SSUI)
BIDANG PEMBINAAN ANGGOTA
HMI CABANG SUMEDANG
LATAR
BELAKANG
Ummat
Islam saat ini sedang dalam kondisi yang amat terbelakang. Terbelakang dalam
semua aspek kehidupan. Kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Pemikiran yang
jumud dan ‘tradisional’ menjadi salah satu entri point kelemahan dan kemunduran
ummat. Terlebih banyak masyarakat muslim yang saat ini mudah dan sangat
emosional dalam menghadapi ketatnya bangunan peradaban yang terus bergulir.
Kemajuan Barat dan Amerika membuat umat berada di bawah kendali mereka. Di
samping itu banyak faktor yang membuat umat islam berfikir fatalistik (jabbariyah)
yang hal ini tidak akan semakin memperparah pemikiran ummat. Apakah ini
disebabkan oleh pemahaman umat akan ajaran agamanya atau bahkan kesalahan dalam
memahami perjalanan panjang sejarah ummat Islam?
Banyak
ummat Islam saat ini kurang memahami perjalanan sejarah panjang ummat Islam
serta Peradaban-peradaban yang dilahirkannya.
Belum lagi stigmatisasi Barat terhadap umat Islam yang cenderung kurang
bijak. Bahkan menganggap umat Islam sebagai umat yang tidak bar bar bahkan
teroris, padahal Islam diturunkan untuk rahmatan lilalamin. Di samping
itu kesadaran umat Islam terutama para pemuda pemudinya cenderung tidak
mempedulikan sejarah peradaban ummat Islam dari zaman dakwah nabi sampai dakwah
di era modern serta peradaban-peradaban yang dilahirkan dari sejarah perjalanan
ummat islam meskipun di sana sini masih banyak kekurangan yang mesti dikritisi
dan diperbaiki.
Yang
lebih mengkhwatirkan lagi adalah terjadi di sebagian besar kader HMI. Banyak
kader HMI sendiri yang kurang bahkan tidak mengenal dan memahami sejarah
peradaban Islam, Sejarah perjuangan para ulama dalam menyebarkan nilai-nilai
Islam ke seluruh muka bumi ini. HMI sebagai organisasi kader hendaknya mampu
memberikan pencerahan atas berbagai kondisi sosial keagamaan yang terjadi di
masyarakat, ummat dan bangsa ini. Dan bukannya mejadi bagian yang meresahkan
ummat dan bangsa.
Mudah-mudahan
dengan adanya kuliah SSUI ini kader HMI mampu dan mau memahami serta
menyebarkan pencerahan-pencerahan bagi ummat ini. Di samping itu mampu memotret
dan bahkan ke depan dapat merumuskan kembali upaya untuk membangun peradaban
Islam yang maju dan bermartabat.
TUJUAN
1.
Memberikan pemahaman dasar
mengenai sejarah peradaban Islam dari zaman Nabi Muhammad SAW sampai kini.
2.
Membangun kesadaran akan
pentingnya memahami perjalanan dakwah nabi dan para penerusnya demi cita-cita
luhur Islam.
3.
Mampu memotret dan menilai
secara bijak dan proporsional sejarah perjalanan umat Islam.
4.
Mampu meneladani para
mujahidin-mujahidin dalam menebarkan nilai-nilai Islam dengan berbagai
kelebihan dan kekurangannya.
BENTUK
KEGIATAN
Kuliah
ini berbentuk semi kuliah yang diberikan di kelas. Pada praktiknya, diberikan
pemaparan materi terlebih dulu, kemudian diskusi materi dan diskusi permasalahan aktual yang
berkaitan dengan SSUI.
METODE
KULIAH
Diskusi, ceramah,
penugasan, resume, studi kasus dan sebagainya (tambahan dari pemateri) .
MEDIA KULIAH
Whiteboard, spidol, penghapus, atlas/peta dunia,
dll.
PESERTA
Peserta
kuliah SSUI adalah anggota HMI Cabang Sumedang dan atau mahasiswa umum
(opsional).
WAKTU
Diadakan setiap pekan
(kalau pematerinya bersedia, jika tidak maka akan dirolling/ditukar dengan
pemateri pengganti) dengan durasi waktu 120 menit (pemaparan materi +
diskusi)
Contact person :
Iwan (085624000185)
Komar (081320243205)
SILABUS
NO.
|
POKOK
BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
|
|
KULIAH SEJARAH SOSIAL UMMAT ISLAM (SSUI) JILID I
|
||
1
|
PENGANTAR
SEJARAH
|
v Metode, langkah dan objek dalam
penelusuran sejarah
v Teori-teori Sosiologi dalam ilmu sejarah
v Sosiologi & Antropologi sebagai
alat/pisau analisis
|
|
2
|
KONDISI SOSIOLOGIS & ANTROPOLOGIS DI JAZIRAH ARAB
|
v Sejarahnya
Mekkah & Jazirah Arab
v Struktur
sosial masyarakat
v Jahiliah
& arab
v Kelahiran
Nabi Muhammad
v Silsilah
Nabi
v Keluarga
Nabi
v System
kekeluargaan di keluarga Quraisy & Arab pada umumnya
v Quraisy
& kekuasaan
|
|
3
|
PERJALANAN
DAKWAH NABI
|
v Nabi
sebelum usia 25 tahun
v Metode dakwah massa kenabian untuk 25-40
tahun
v Metode dakwah Massa keRasulan untuk
40-63 tahun
v Dakwah dengan sembunyi-sembunyi Dakwah
terang-terangan
v Perang
: metode dakwah?
v Perang – perang yang terjadi di Mekkah
v Hijrah
atau kekalahan ; strategi?
v Anshor
– anshor Mujahidin
v Perkawinan
: metode dakwah?
v Perang
– perang setelah hijrah
v Istri – istri nabi setelah khadijah (
seperti apa kondisinya
v Wafat
Nabi : Kontroversi?
|
|
4
|
KHULAFAUR
RASYIDIN
|
· Setelah
wafat Nabi siapa pemimpin ?
· Musyawarah
ala 3 sahabat
· Abu
bakar is the 1st khalifah
o
Sosok Abu Bakar
o
Kemurtadan dan zakat
o
Ekspansi islam sejauh mana?
o
Kodifikasi Alqur’an
· Umar
& Ketegasan
o
Sosok pemimpin
o
Sistem administrasi & kemiliteran
o
Ekspansi
· Utsman
& Kedermawanan
o
Nepotisme atau mengutamakan keluarga
o
Kedermawanan Utsman
o
Kodifikasi Alqr’an jilid 2
· Ali
& Ahlul bait
o Ali dan kondisi umat Islam saat itu
o
Ekspansi Islam
o
Konflik Ali – Muawiyah
o
Kematian Ali dan awal perpecahan
o Peristiwa seputar keluarga Nabi (
ahlul bait )
· Perjalanan
umat Islam & kondisinya
|
|
5
|
KEMUNCULAN
ALIRAN KALAM
|
·
Latar belakang kemunculan Ilmu Kalam
·
Konflik Ali, Muawiyah dan Aisyah
·
Kondisi masyarakat Arab di gurun pasir
·
Kelahiran Jabariyah dan Qadariyah
|
|
6
|
MUAWIYAH
& KEKUASAAN ISLAM
|
· Latar
belakang Muawiyah
· Perjalanan
Islam
· Ekspansi
& Kholifah – Kholifah
· Dinasti
– dinasti Muawiyah
· Runutan
pemerintahan Dinasti Muawiyah
· Kemajuan
Massa Muawiyah
· System
pemerintahan & tata Negara
|
|
7
|
DAULAH
ABBASYIAH (Masa Keemasan Peradaban)
|
· Latar
belakang
· Keluarga
abbasyiah
· Kholifah
– kholifah massa Abbasyiah
· Islam
& Dunia asing ( Yunani )
·
Kholifah – kholifah “ pilihan” (pemimpin teladan )
· Sistem
IPTEK & kemajuan Seni budaya
· Ekspansi
– ekspansi ke wilayah luar ( i.e : Spanyol & Eropa )
|
|
8
|
PERANG SALIB DAN KEHANCURAN PERADABAN ISLAM
|
· Asal
usul perang
· Kekuasaan
& semangat ideologis
· Paus
& Kristen
· Ekonomi
vs ideology
· Kekalahan
– kekalahan umat & kehancuran peradaban
·
Serangan tentara Mongol & latar belakang setting sejarah
· Jengis
khan & keturunan muslim
·
Masukanya Islam ke Cina atau kemajuan Cina pada masa itu
|
|
9
|
DINASTI – DINASTI KECIL DI BENUA HITAM ( AFRIKA )
|
· Masukanya
Islam ke Benua Hitam
· Dinasti
– dinasti kecil di Afrika
· Sistem
kemasyarakatan
· Struktur
sosial Afrika
· Kemajuan
peradaban di Afrika
|
|
10
|
TURKY
UTSMANI, MOGHUL INDIA, ANDALUSIA
|
· Andalusia
· Turki
Utsmani
· Moghul
India
· Perjalan
Islam ke Asia
· Kemajuan
peradaban masa Turki Utsmani
· Sistem
pemerintahan dan tata Negara
· System
ekonomi yang berkembang
· Kemajuan
IPTEK
· 1924
: keruntuhan Dinasti
o
Asal – usul
o
Demokrasi & liberalisme barat
|
|
11
|
ISLAM DI
INDONESIA
|
· Asal
usul masuknya Islam
· Kerajaan
– kerajaan Islam
· Kesultanan
– kesultanan
· Kekuasaan
Belanda dan Inggris, Portugis
· Islam
tersebar di wilayah barat Indonesia?
· Timur
Indonesia ?
· Keruntuhan
kerajaan – kerajaan Islam
·
Benturan peradaban, struktur sosial & budaya, Hindu, Animisme &
Dinamisme
· Walisongo
& peranannya
·
Era modern ( perjalanan Islam Indonesia )
· Syariat
Islam
· Muhammadiyah
& Gerakan Pembaruan
· Al
Irsyad & ormas lainnya
· NU
& tradisionalisme
|
|
12
|
KONDISI KEKINIAN UMAT ISLAM (secara umum)
|
· Umat
Islam : Kemiskinan, kebodohan, & keterbelakangan
· Kejumudan
& kemandegan umat
· Permasalahan
ummat saat ini
· Tekstual
vs kontekstual
· Modernisme
·
Kegagalan Umat Islam & kekalahan umat dari non Islam penyebab
· Benang
merah sejarah Umat Islam
·
Solusi, harapan, cita-cita umat menuju Insan Kamil
· Sikap
kader HMI
|
|
13
|
SEJARAH SOSIAL UMMAT ISLAM JILID II
|
||
REFERENSI BUKU :
Haq, Ziaul. Wahyu Revolusi ……
Madjid, Nurcholis. Islam,
Doktrin dan Peradaban…..
Nasution, Harun. Teologi
Islam. ……
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. …
TERM OF REFERENCE
KELAS CONTEMPORARY
STUDIES
BIDANG PEMBINAAN ANGGOTA
HMI CABANG SUMEDANG
LATAR
BELAKANG
Ummat
Islam saat ini sedang dalam kondisi yang amat terbelakang–entah itu karena ‘tak
disengaja’ atau memang karena ada rekayasa. Terbelakang dalam semua aspek
kehidupan. Kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Ummat Islam saat ini sangat
minim informasi, pendidikan, dan pemikiran. Yang akhirnya kebodohan dan
keterbelakangan dan imbasnya perekonomian ummat Islam sangat terpuruk.
Kelemahan-kelemahan ini membuat ummat Islam sangat mudah diadu-domba dan bahkan ‘dijajah’ baik secara ekonomi maupun
politik. Terlebih lagi peranan Barat dan dunia non-Islam yang menguasai hampir 100% media informasi.
Ideologi
kapitalisme dan liberalisme akhirnya menjadi ideologi pasar dan bahkan
bertambah subur di kalangan ummat Islam saat ini. Hal ini semakin membuat
‘kekacauan’ di kalangan umat Islam yang akhirnya ideologi barat bersemi dalam
kehidupan umat. Singkatnya budaya dan peradaban Barat ‘mengacau’ peradaban
Islam dan peradaban umat manusia pada umumnya. Tidak ada lagi peradaban manusia
yang autentik tetapi yang ada adalah perbenturan peradaban antar umat manusia.
Yang lebih mengkhwatirkan
lagi adalah menimpa sebagian besar kader HMI. Banyak kader HMI sendiri yang
kurang bahkan tidak mengenal dan memahami peradaban Islam yang autentik dan
benar. Semestinya kader HMI mampu memberikan pencerahan atas berbagai kondisi
sosial manusia umumnya dan umat Islam khususnya dengan melihat perbenturan
peradaban yang ada. Dan bukannya menjadi kader yang terhipnotis oleh peradaban
non-Islam yang akhirnya akan meresahkan ummat dan bangsa.
Kemajuan dan kemunculan
kekuatan ekonomi, politik, dan IPTEKS dari negeri-negeri Sipit,Asia Selatan,Iran,
Amerika Utara dan Selatan juga
mesti dijadikan teladan dan motivasi bagi kemajuan umat Islam dan bukan harus
selalu berkiblat pada Barat dan US. Kini saatnya kita belajar dan memulai
memajukan umat Islam dan bangsa agar tercipta kehidupan masyarakat yang
sejahtera.
Mudah-mudahan dengan
adanya kelas ini kader HMI mampu dan mau memahami serta memberikan
pencerahan-pencerahan bagi ummat ini mengenai Islam dan peradaban Islam itu
sendiri. Di samping itu mampu memotret dan bahkan ke depan dapat merumuskan
kembali upaya untuk membangun peradaban Islam yang maju dan bermartabat.
TUJUAN
1. Mampu memahami dan
menyaring ideologi-ideologi yang ada di dunia dan dampaknya bagi umat Islam.
2. Memberikan pemahaman akan
adanya kapitalisme, sekularisme, materialisme dan ideologi pasar lainnya yang
akan mengaburkan pemahaman Islam
3. Mampu memotret secara
bijak dan proporsional peradaban-peradaban dunia beserta kemajuan-kemajuannya
dari segi IPTEKS, sosial, budaya dan sebagainya.
4. Mampu memberikan solusi
atas permasalahan umat dan bangsa mengenai berbagai hal secara konkret.
BENTUK KEGIATAN
Kuliah ini berbentuk
kuliah yang diberikan di kelas. Pada praktiknya, diberikan pemaparan materi
terlebih dulu, kemudian diskusi materi
dan diskusi permasalahan aktual yang berkaitan dengan Contemporary Studies berdasarkan
topik yang ada.
METODE KULIAH
Diskusi, ceramah, penugasan, resume, studi kasus
dan sebagainya (tambahan dari pemateri) .
MEDIA KULIAH
Whiteboard, spidol, penghapus, makalah/paper, abstraks, dll.
PESERTA
Peserta
kelas ini adalah anggota HMI Cabang Sumedang dan atau mahasiswa umum (opsional).
WAKTU
Diadakan
setiap pekan (kalau pematerinya bersedia, jika tidak maka akan
dirolling/ditukar dengan pemateri pengganti) dengan durasi waktu 120 menit
(pemaparan materi + diskusi)
Contact person :
Iwan (085624000185)
Komar (081320243205)
SILABUS
NO.
|
POKOK
BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
|
1.
|
KAJIAN
TIMUR TENGAH & NEGERI SEJUTA MINYAK
|
o Iran, Syiah, & Ali syariati, Ahmad
Dinejad
o
Palestine & Masalah HAMAS
o
Israel & Yahudi
§ Sejarah
& kelahiran Yahudi ( Israel )
§ Spionase
§ Holocoust
& Nazi
§ IPTEK Israel ( Pengusa ekonomi dunia )
|
|
2.
|
STUDI
OKSIDENTALISME
|
§ Akar
Peradaban Barat
a.
Sekularisme
b.
Renaissance
c.
Protestanisme
d.
Katolikanisme
§ IPTEK
: ideologi Buatan
a. IPTEK
Modern
b. IPTEK
Postmodern
§ Kepentingan Amerika dan Eropa
(kolonialisme)
§ Efek Peradaban Barat
a.
Efek awal seperti apa?
b.
Negara-negara dunia ketiga
o How
to counter?
|
|
3.
|
KAJIAN
AMERIKA
|
Ø Pengantar
studi kawasan/geografis
Ø Kajian
Sejarah Amerika
Ø Amerika sebelum dan sesudah perang dunia
II
· Peradaban Maya, Inca, Aztec
· Penemuan benua Amerika
· Amerika pasca Renaisance
· Amerika pasca modern
Ø Ideologi
Liberalisme dan Kapitalisme
Ø Tokoh-tokoh
(nabi-nabi Amerika)
Ø Sosiologi
Ø Demokrasi
di Amerika
Ø Menguak
Income Amerika
Ø Ekonomi:
monopoli (FRANCHISE & EHM)
Ø Standar ganda dan kolonialisme baru
(suprakolonialisme)
Ø PBB
dan Amerika Serikat
Ø Kekuatan
Media Amerika
|
|
4.
|
STUDI
KAWASAN ASIA SELATAN (INDIA, PAKISTAN DAN ASIA SELATAN LAINNYA)
|
v Pengantar
studi kawasan Asia Selatan
v Sejarah
India, Pakistan, Afganistan, Kashmir dan Bangladesh
v Ledakan
penduduk dan permasalahan sosial
v Permasalahan
batas wilayah
v India
dan permasalahannya
§ India
dan Hinduisme
§ India
dan Nuklir
§ India
dan Bollywood
§ Pemasok
saintis dunia
v Pakistan
dan permasalahannya
§ Pakistan
dan Nuklir
§ Islam
dan pakistan
v Bangladesh
dan kemiskinan, nasibmu kini dan esok
v Afganistan
dan kemiskinan, kolonialisasi Amerika
v Asia
Selatan : Nasibmu kini
|
|
5.
|
STUDI KAWASAN AFRIKA
|
§ Mengenal Benua Hitam secara umum
§ Mengenal Afrika Utara dan selatan
§ Sejarah benua hitam : Utara dan Selatan
§ Negeri kering kerontang
§ Afrika dan permasalahannya (Kemiskinan,
kebodohan, keterbelakangan dan ketertindasan)
§ Etiopia dan Kelaparan
§ Konflik di Etiopia dan ....
§ Afrika selatan dan negeri intan
§ Syariat Islam dan Afrika Utara
§ Permasalahan aktual di Afrika
|
|
6.
|
BARAT
& ORIENTALISME
|
§ Barat di masa kegelapan, pencerahan dan
revolusi industri
§
Modernisme atau Westernisasi ?
§ Orientalisme
: Kejujuran VS
kepentingan
§
Apa itu Kolonialisme
§
Peranan para tokoh sentral:
a. Dari
Mc Gill University, Harvard, Leiden?
b. Snouck
Hugronje
c. Geertz
d. Arkoun,
Fazlur Rahman dan modernisme
§ Proyek dan kepentingan Barat terhadap
Islam
§
Peran Orientalisme terhadap ‘kemajuan’
Barat
§
Terorisme : sebuah tuduhan?
§ How
to counter?
|
|
7.
|
FUTUROLOGI
: VISI DUNIA KE DEPAN
|
§ Pengantar
studi Futurologi
§ Para Futurolog dari masa ke masa
a. Alvin
Tofler & tokoh lain
b. Huntington
dan kontroversi Tesisnya
c. Francis
Fukuyama
§ Kemajuan
& Peradaban Manusia
§ Pergeseran
Peradaban
§ Peradaban/kemajuan
seperti apa?
§ IPTEKS,
ekonomi dan kecenderungan peradaban manusia ke depan
§ Para peramal dan peramalan masa depan
dunia
|
|
8.
|
FENOMENA
NEGERI ”SIPIT”
|
§ Sejarah
cina, Korea, dan Jepang
§ Karakter
Cina, Korea, dan Jepang
§ Tiga Kekuatan
Ekonomi dan IPTEK Dunia
§ Ekonomi,
IPTEK, Budaya & Kemajuan Olahraga
a.
Murah “bermutu”
§ Belajar dari negeri Sakura dan
Tirai Bambu
§
Hal-hal yang mesti dipelajari dari negeri sipit
|
|
9.
|
ISLAM
LIBERAL VS FUNDAMENTAL
|
§ Apa
itu Liberal dan Liberalisme
§ Fundamental
dan Fundamentalisme
a.
Apa itu Islam Liberal
b.
Islam Fundamental?
c.
Pemaknaan Baru dan “pengaburan” istilah/makna
§ Para penggagas istilah “Islam Liberal
dan Fundamental”
§ Islam
Liberal : Proyek Baratkah atau keharusan?
a.
MC Gill & Universitas yang mengajarkan “Studi Islam”
b.
Kepentingan Barat dan Lembaga-lembaga donor
(i.e. : FORD & The
Asia Foundation dll)
§ Islamologi
VS Kristologi
§ Akar
“liberalisme” & Filsafat Barat (Humanisme)
§ Islam
Liberal di Indonesia:
a.
IAIN dan Islam Liberal serta tokoh
sentral (alumni MC Gill University)
b.
JIL + para distributor proyek
Liberalisasi
§ Liberalis
dan fundamentalis : mungkinkah misunderstanding
§ How
to solve?
|
|
10.
|
KAPITALISME
& MATERIALISME: Menakar Ekonomi Dunia
NB:
diarahkan ke pembahasan ekonomi secara khusus
|
§
Ideologi Kapitalisme & Materialisme
§
Kapitalisme Ekonomi
a. Economic
Hit Man
b. Konsumerisme
dan komodifikasi
c. Budaya
Instan dan popular
d. Peranan
Media dan ideologi Kapitalisme, Materialisme
§
Kapitalisme : suatu tantangan,keharusan atau
rintangan
§ Selayang pandang Teoretis :
ü Teori Tabungan dan investasi (Harold
Domar)
ü Lima tahap pembangunan (Rostow)
ü Dorongan berprestasi (Mc Clelland)
ü Industri Substitusi Impor (Raul
Prebisch)
ü Teori ketergantungan (Andre Gunder
Frank)
ü Teori pasca ketergantungan
§ How to solve?
§ Membangun ekonomi umat
|
|
11.
|
VATIKAN
& MISSIONARISME
|
§ Pengantar
Kristologi dan Islamologi
§ Akar sejarah per-gereja-an?
§
Sejarah Vatikan
§ Sistem kekuasaan dan otoritas katholik
Vatikan
§ Uskup
dan kependetaan
§
Paus & penerusnya
§
Peranan St. Agustinus
§
Katholik dan kekuasaan gereja
a. Sekte-sekte
Kristen (Lutherianisme, Calvinisme dan protestanisme)
b. Misionarisme
: sebuah tugas suci
c. Dukungan
dana gereja
§ “Kerajaan”
gereja di Indonesia
a.
Gramedia, Kompas dan universitas kristen
§ Belajar dari kemajuan mereka
|
|
12.
|
FEMINISME
|
§ Pengantar
dan pengertian Feminisme
§ Akar
sejarah Feminisme
§ Para
tokoh feminis Barat, Timur Tengah, dan Indonesia
§ Ideologi
yang diusung?
a. Media
dan feminisme
b. Sastra
selangkangan dan tokoh feminis Indonesia
§ Islam
VS Feminisme
§ Isu-isu
Feminisme
a.
Kesetaraan gender
b.
Dekonstruksi sosial budaya
§ Teologi gender : antara teks kitab
suci dan mitos
§ Bagaimana
Islam memandang dan problem solver
|
|
13.
|
PBB : BONEKA AMERIKA DAN BARAT ?
|
§ Sejarah Kemunculan PBB dan para
pelopornya
a.
Perang dunia I dan II
§ Struktur PBBB
a.
Kepemimpinan dan para anggota PBB
b.
Keanggotaan dan struktur PBB
c.
Dewan-dewan PBB
d.
Lebih jauh dengan Dewan keamanan PBB
e.
Badan-badan PBB
§ Peranan PBB
§ Para Donor PBB
§ HAM dan Isu Demokrasi ala PBB
§ Relasi United State dan United Nation
§ Kepentingan Amerika di PBB
|
|
|
|
||
REFERENSI BUKU :
Perkins, John. Confession an Economic
Hit Man ……
Madjid, Nurcholis. Islam, Doktrin dan Peradaban…..
Buku-buku Francis Fukuyama,
Alfin Tofler,
Huntington, Samuel. Titik Balik Peradaban.
……
Husaini, Adian. Penyesatan
Opini.
Buku-buku
sejarah dunia
Buku-buku
Hubungan Internasional; teori kolonialisasi, pasca kolonial,
No comments:
Post a Comment