FORM PA-1
FORMULIR AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
Cabang
|
:
|
||
No.
Anggota
|
:
|
||||
Kualifikasi
*)
|
:
|
Instruktur
Muda
|
|||
Instruktur
Madya
|
|||||
Instruktur
|
|||||
Instruktur
Utama
|
No.
|
Aktivitas
|
Nilai
|
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
Tanggal,
TTD & Nama Penilai |
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
TOTAL POINT
|
*) Coret yang tidak
perlu
Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan
FORM PA-2
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
Cabang
|
:
|
||
No.
Anggota
|
:
|
||||
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur
Muda
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
Bobot
|
B x J
|
|||||||
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|||||||
- Diskusi
Pendalaman Materi
|
70
|
B
|
2
|
3
|
||||
- Simulasi
Keinstrukturan
|
||||||||
- Diskusi
Pendalaman NDP
|
70
|
B
|
3
|
3
|
||||
2.
|
Penugasan sebagai Steering Committee LK
I
|
76
|
A
|
3
|
4
|
|||
3.
|
Penugasan sebagai tim rekam proses pada LK
I
|
3
|
||||||
4.
|
Penugasan sebagai asisten instruktur pada
LK I
|
4
|
||||||
5.
|
Pembinaan di
Komisariat
|
|||||||
- Mengadakan
diskusi komisariat
|
76
|
A
|
2
|
4
|
||||
- Memberikan
materi :
|
||||||||
a. Maperca/MOP/sejenis
|
3
|
|||||||
b. Follow up LK I
|
3
|
|||||||
c. Acara pelatihan Kampus
|
3
|
|||||||
d. Acara pelatihan lain
|
2
|
|||||||
6.
|
Aktvitas lain :
|
|||||||
- Memberi materi
TPA/Bimbel/dll
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Membuat resume
buku
|
2
|
|||||||
- Diskusi kajian
tertentu
|
76
|
A
|
2
|
4
|
||||
7.
|
Aktivitas
penulisan :
|
|||||||
- Media HMI
Komisariat
|
76
|
A
|
2
|
4
|
||||
- Media HMI Cabang
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media HMI
Nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Media local
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Makalah/opini
lepas
|
4
|
|||||||
T O T A L |
KREDIT |
POINT |
||||||
A. INDEKS PRESTASI |
__________________, ___________ 20
Mengetahui,
Pengurus Badan Pengelola
Latihan
HMI Cabang _________________
__________________________________
FORM PA-3
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
Cabang
|
:
|
||
No. Anggota
|
:
|
||||
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur Madya
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
Bobot
|
B x J
|
|||||||
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|||||||
- Diskusi Pendalaman
Materi
|
70
|
B
|
2
|
3
|
||||
- Simulasi
Kepemanduan
|
||||||||
- Diskusi
Pendalaman NDP
|
65
|
C
|
3
|
2
|
||||
2.
|
Penugasan sebagai Steering Committee LK
II
|
70
|
B
|
2
|
3
|
|||
3.
|
Penugasan sebagai tim rekam proses pada LK
II
|
2
|
||||||
4.
|
Penugasan sebagai instruktur pada LK I
|
3
|
||||||
5.
|
Penugasan sebagai asisten instruktur LK
II/MOT LK I
|
4
|
||||||
6.
|
Pembinaan di
Cabang
|
|||||||
- Mengadakan
diskusi
Cabang/Badiklatda |
70
|
B
|
2
|
3
|
||||
- Memberikan
materi :
|
||||||||
a. Maperca/MOP/sejenis
|
2
|
|||||||
b. Follow up LK I
|
2
|
|||||||
c. Acara pelatihan Kampus
|
2
|
|||||||
d. Acara pelatihan lain
|
2
|
|||||||
7.
|
Aktvitas lain :
|
|||||||
- Membuat bahan
bacaan LK I
|
3
|
|||||||
- Membuat resume
buku
|
2
|
|||||||
- Membuat media LK
I
|
3
|
|||||||
- Membuat teaching
plan
|
3
|
|||||||
8.
|
Aktivitas
penulisan :
|
|||||||
- Media HMI
Komisariat
|
76
|
A
|
2
|
4
|
||||
- Media HMI Cabang
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media HMI
Nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Media lokal
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Makalah/opini
lepas
|
4
|
|||||||
T O T A L |
KREDIT |
POINT |
||||||
B. INDEKS PRESTASI |
__________________,
___________ 20
Mengetahui,
Pengurus Badan Pengelola Latihan
HMI Cabang _________________
__________________________________
FORM PA-4
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
Cabang
|
:
|
||
No.
Anggota
|
:
|
||||
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
Bobot
|
B x J
|
|||||||
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|||||||
- Diskusi
Pendalaman Materi
|
70
|
B
|
2
|
3
|
||||
2.
|
Penugasan sebagai instruktur atau MOT pada
LK I
|
65
|
C
|
2
|
2
|
|||
3.
|
Penugasan sebagai instruktur pada LK II
|
3
|
||||||
4.
|
Penugasan sebagai Master of Training LK
II
|
4
|
||||||
5.
|
Mengelola pelatihan lain
|
4
|
||||||
6.
|
Pembinaan di
Cabang
|
|||||||
Memberikan materi
:
|
||||||||
a. Follow up LK II
|
3
|
|||||||
b. Acara pelatihan Kampus
|
2
|
|||||||
c. Acara pelatihan lain
|
2
|
|||||||
7.
|
Aktvitas lain :
|
|||||||
- Membuat teaching
plan LK II
|
2
|
|||||||
- Membuat bahan
bacaan LK II
|
3
|
|||||||
- Membuat media
training LK II
|
3
|
|||||||
- Pembinaan thd
Yunior
|
75
|
B
|
2
|
3
|
||||
8.
|
Aktivitas
penulisan :
|
|||||||
- Media HMI
Komisariat
|
76
|
A
|
2
|
4
|
||||
- Media HMI Cabang
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media HMI
Nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Media lokal
|
76
|
A
|
3
|
4
|
||||
- Media nasional
|
76
|
A
|
4
|
4
|
||||
- Makalah/opini
lepas
|
4
|
|||||||
T O T A L |
KREDIT |
POINT |
||||||
C. INDEKS PRESTASI |
__________________, ___________ 20
Mengetahui,
Pengurus Badan Pengelola
Latihan
HMI Cabang ___________________
__________________________________
PETUNJUK PENGISIAN FORM PA-1
Form PA-1 merupakan form yang harus dimiliki
oleh setiap pengelola latihan, kecuali yang telah memenuhi kualifikasi
Instruktur Utama. Form ini dapat diperbanyak sesuai kebutuhan
(banyaknya aktivitas yang dilakukan), ini dapat dijadikan alat bukti untuk cek
lapang.
- Nama à diisi berdasarkan nama yang bersangkutan
- No. Anggota à diisi sesuai dengan nomor yang diberikan oleh BPL PB HMI
- Kualifikasi à diisi sesuai dengan kualifikasi pengelola latihan yang bersangkutan
- Cabang à diisi nama cabang yang bersangkutan
- Aktivitas à diisi dengan nama aktivitas yang dilakukan sesuai dengan peruntukannya, aktivitas yang dinilai merujuk pada Form PA-2, Form PA-3, dan Form PA-4.
a. Aktivitas yang dinilai bagi
instruktur muda :
1)
Follow
up/up grade meliputi pendalaman materi, simulasi keinstrukturan, dan pendalaman
NDP. Sebutkan materi yang dibahas,
penyelenggara dan tempat pelaksanaan.
2)
Penugasan
sebagai SC LK I. Sebutkan penyelenggara
dan tempat pelaksanaan.
3)
Penugasan
sebagai tim rekam proses LK I. Sebutkan
penyelenggara dan tempat pelaksanaan, serta materi yang direkam.
4)
Penugasan
sebagai asisten instruktur pada LK I.
Sebutkan nama materi, penyelenggara, dan tempat pelaksanaan.
5)
Pemberian materi dalam diskusi
komisariat
6)
Pemberian materi dalam
Maperca/MOP/sejenis, follow up LK I, dan pelatihan lain di luar HMI. Sebutkan kegiatan, penyelenggara, dan tempat
pelaksanaan.
7)
Pemberian
materi bimbel/TPA/dll. Sebutkan kegiatan,
penyelenggara, dan tempat pelaksanaan.
8)
Pembuatan
resume buku. Sebutkan judul buku,
pengarang, penerbit, dan tahun terbit.
9)
Mengikuti
diskusi tertentu (aktivitas dinilai apabila yang bersangkutan menulis resume
diskusi). Sebutkan
kegiatan, penyelenggara, dan tempat pelaksanaan.
10)
Membuat
tulisan di media massa (aktivitas dinilai apabila yang bersangkutan dapat
menunjukan bukti otentik).
b. Aktivitas yang dinilai bagi instruktur madya
:
1)
Follow
up/up grade meliputi pendalaman materi, simulasi kepemanduan, dan pendalaman
NDP. Sebutkan
materi yang dibahas, penyelenggara dan tempat pelaksanaan.
2)
Penugasan
sebagai SC LK II. Sebutkan
tempat pelaksanaan.
3)
Penugasan
sebagai tim rekam proses LK II. Sebutkan
tempat pelaksanaan, serta materi yang direkam.
4)
Penugasan
sebagai instruktur LK I. Sebutkan
penyelenggara, tempat pelaksanaan, dan materi yang dibawakan.
5)
Penugasan
sebagai asisten instruktur LK II atau MOT LK I.
Sebutkan penyelenggara, dan tempat pelaksanaan dan atau materi yang
dibawakan.
6)
Pemberian
materi dalam diskusi cabang/Badiklatda
7)
Pemberian
materi dalam Maperca/MOP/sejenis, follow up LK I, dan pelatihan lain di luar
HMI. Sebutkan kegiatan, penyelenggara,
dan tempat pelaksanaan.
8)
Pembuatan
bahan bacaan LK I. Sebutkan
materi.
9)
Pembuatan media LK I. Sebutkan
nama game/medianya dan untuk materi apa.
10)
Pembuatan
resume buku. Sebutkan judul buku,
pengarang, penerbit, dan tahun terbit.
11)
Pembuatan teaching plan/session
design materi LK I. Sebutkan materi.
12)
Membuat
tulisan di media massa (aktivitas dinilai apabila yang bersangkutan dapat
menunjukan bukti otentik).
c. Aktivitas yang dinilai bagi instruktur :
1)
Follow up/up grade pendalaman
materi. Sebutkan materi yang dibahas, penyelenggara dan
tempat pelaksanaan.
2)
Penugasan
sebagai instruktur/MOT LK I. Sebutkan
materi, penyelenggara, dan tempat pelaksanaan.
3)
Penugasan
sebagai instruktur pada LK II. Sebutkan
materi, dan tempat pelaksanaan.
4)
Penugasan
sebagai MOT LK II. Sebutkan
tempat pelaksanaan.
5)
Pengelolaan
training lain. Sebutkan jenis training,
penyelenggara, dan tempat pelaksanaan
6)
Pemberian
materi dalam follow up LK II, dan pelatihan lain di luar HMI. Sebutkan kegiatan, penyelenggara, dan tempat
pelaksanaan.
7)
Pembuatan media LK II. Sebutkan
nama game/medianya dan untuk materi apa.
8)
Pembuatan
bahan bacaan LK II. Sebutkan materi.
9)
Pembuatan teaching plan/session
design materi LK II. Sebutkan
materi.
10)
Pembinaan terhadap yunior, melalui
acara formal.
11)
Membuat
tulisan di media massa (aktivitas dinilai apabila yang bersangkutan dapat
menunjukan bukti otentik).
6. Nilai à diisi oleh pejabat yang berwenang dengan aturan
untuk aktivitas :
a.
1) Nilai = 70
2)
Nilai = 76
3)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai kelengkapan rekaman)
4)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, penguasaan materi, pembangunan suasana,
kesesuaian dengan silabus)
5)
Nilai = 76
6)
Nilai = 0 – 100 (aspek yang
dinilai, penguasaan materi, pembangunan suasana, kesesuaian dengan silabus)
7)
Nilai = 76
8)
Nilai
= 66 – 100 (aspek yang dinilai, sistematika berpikir, dan pengambilan
kesimpulan)
9)
Nilai = 76
10)
Nilai = 76
b. 1)
Nilai = 70 (khusus NDP Nilai = 65)
2)
Nilai = 70
3)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai kelengkapan rekaman)
4)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, penguasaan materi, pembangunan suasana,
kesesuaian dengan silabus, tingkat kepahaman peserta)
5)
Nilai = 0 – 100 (aspek yang
dinilai manajemen training, sd a.4.)
6)
Nilai = 70
7)
Nilai = 0 – 100 (aspek yang
dinilai, penguasaan materi, pembangunan suasana, kesesuaian dengan silabus)
8)
Nilai = 0 – 100 (aspek yang
dinilai, kesesuaian dengan silabus dan referensi yang up to date)
9)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, kreativitas, aplikasi, tingkat keterkaitan
dengan materi)
10)
Nilai
= 55 – 80 (aspek yang dinilai, sistematika berpikir, dan pengambilan
kesimpulan)
11)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, kesesuaian dengan silabus, aplikatif)
12)
Nilai = 76
c.
1) Nilai = 70
2) Nilai = 65
3) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai, penguasaan materi, pembangunan
suasana, kesesuaian dengan silabus, tingkat kepahaman peserta)
4) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai manajemen training)
5) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai manajemen training)
6) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai, penguasaan materi, pembangunan
suasana, kesesuaian dengan silabus)
7)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, kreativitas, aplikasi, tingkat keterkaitan
dengan materi)
8) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai, kesesuaian dengan silabus dan
referensi yang up to date)
9)
Nilai
= 0 – 100 (aspek yang dinilai, kesesuaian dengan silabus, aplikatif)
10) Nilai = 0 – 100 (aspek yang dinilai,
peningkatan kemampuan yunior)
11) Nilai = 76
7. HM à diisi
huruf mutu, dengan ketentuan :
Nilai ≥ 76 à A
Nilai 66 – 75 à B
Nilai 56 – 65 à C
Nilai 50 – 55 à D
Nilai ≤ 49 à E
8.
Kredit à diisi dengan bobot kredit aktivitas, sesuaikan dengan
Form PA-2, PA-3, dan PA-4
9. AM
à diisi angka mutu, dengan
ketentuan :
A à 4
B à 3
C à 2
D à 1
E à 0
10. Point à diisi hasil perkalian antara kredit dengan angka
mutu
11. Tanggal à diisi
oleh waktu penilaian
12. Penilai à yang
berhak memberikan penilaian adalah :
a) Follow up/up
grade dinilai oleh presidium Badiklatda
b)
Penugasan sebagai
SC dinilai oleh presidium Badiklatda
c)
Penugasan sebagai
tim rekam proses dinilai oleh MOT LK yang bersangkutan
d)
Penugasan sebagai
asisten instruktur/instruktur dinilai oleh MOT LK yang bersangkutan
e)
Penugasan sebagai
MOT dinilai oleh presidium Badiklatda
f)
Pemberian materi di
komisariat/cabang dinilai oleh presidium komisariat/cabang yang bersangkutan
g)
Pemberian materi di
luar HMI diberikan oleh pimpinan penyelenggara
h)
Penilaian aktivitas
pembuatan karya, teaching plan, resume diskusi, bahan bacaan, media
training dinilai oleh presidium Badiklatda
i)
Penilaian aktivitas
penulisan dinilai oleh presidium Badiklatda
PETUNJUK PENGISIAN FORM PA-2, PA-3, PA-4
Form ini
merupakan hasil rekap dari Form PA-1, ditandatangani oleh Ketua Umum/Sekretaris
Umum Badiklatda.
1.
Nama à diisi berdasarkan nama yang bersangkutan
2.
No.
Anggota à diisi sesuai dengan nomor yang diberikan
oleh Badiklat HMI
3. Cabang à diisi nama cabang yang bersangkutan
4. Jumlah àdiisi jumlah aktivitas yang dilakukan sesuai jenisnya
5.
Nilai
à diisi nilai rerata untuk aktivitas
sejenis
6.
HM à diisi huruf mutu (ketentuan s.d. form PA-1)
7.
B x J
à diisi hasil perkalian bobot dengan jumlah
8. Point à diisi hasil perkalian (B x J) dengan angka mutu (AM)
9.
Total
Kredit (TK) à diisi ∑ (B x J)
10. Total Point (TP) à diisi ∑ Point
11. Indeks Prestasi à diisi hasil pembagian (TP) dengan (TK)
Catatan :
Jumlah aktivitas dapat tidak dimasukan semua,
atau dipilih yang nilainya besar.
No comments:
Post a Comment